Model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik berupa rangkaian tahap-tahap (fase) yaitu review, pengembangan, latihan terkontrol, seatwork dan penugasan. Dimana setiap fase saling berkaitan sehingga membuat peserta didik lebih mudah mengerti dan membangun pengetahuan atau mampu membangun sendiri pengetahuan mereka.
Missouri Mathematics Project (MMP) adalah salah satu model terstruktur. Struktur tersebut dikemas dalam langkah-langkah sebagai berikut:
- Review
Tahap pertama atau langkah pertama pada model MMP ini yaitu review, sama halnya dengan model-model pembelajaran yang lain. Pada tahap review ini adalah meninjau ulang materi pembelajaran yang lalu terutama yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran tersebut, seperti membahas soal pada PR (jika ada yang dianggap sulit oleh siswa dan memotivasi siswa mengenai pentingnya materi yang akan dipelajari.
- Pengembangan
Pada tahap kedua ini yaitu tahap pengembangan adalah melakukan kegiatan berupa penyajian ide-ide baru dan perluasannya, diskusi, kemudian menyertakan demonstrasi dengan contoh konkret. Maksudnya disini adalah menyampaikan materi baru yang merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya. Kegiatan ini juga dapat dilakukan melalui diskusi kelas, karena pengembangan akan lebih baik jika dikombinasikan dengan latihan terkontrol untuk meyakinkan bahwa siswa mengikuti dan paham mengenai penyajian materi ini.
- Latihan Terkontrol
Pada latihan terkontrol ini siswa diminta membentuk suatu kelompok untuk merespon soal atau menjawab pertanyaan yang diberikan dengan diawasi oleh guru. Pengawasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya miskonsepsi pada pembelajaran. Selain itu, guru harus memasukkan rincian khusus tanggung jawab setiap kelompok dan ganjaran individual berdasarkan pencapaian materi yang dipelajari. Dari kegiatan belajar kelompok ini dapat diketahui setiap siswa bekerja secara sendiri (individu) atau berkelompok.
- Seatwork/Kerja Mandiri
Siswa secara individu diberikan beberapa soal atau pertanyaan sebagai latihan atas perluasan konsep materi yang telah dipelajari pada langkah pengembangan. Dari tahap ini, guru mengetahui seberapa besar materi yang mereka pahami.
- Penugasan
Langkah kelima ini merupakan langkah yang terakhir dari model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). Pada langkah ini, siswa beserta guru bersama-sama memberikan kesimpulan (rangkuman) atas materi pembelajaran yang telah didapatkan. Rangkuman ini bertujuan untuk mengingatkan siswa mengenai materi yang baru saja didapatkan. Selain itu, guru juga memberikan penugasan kepada siswa berupa PR sebagai latihan tambahan untuk meningkatan pemahaman siswa mengenai materi tersebut.
SUMBER : Ismail Saleh Nasution S.Pd., M.Pd.