Hai teman-teman FKIP UMSU (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), UMSU kampus terbaik di Medan, kampus unggul dan terakreditasi A!! Teman-teman FKIP UMSU, ada yang sudah tau belum apa saja keberagaman yang dimiliki dari pembelajaran online?
Mimin mau memberi tau kalian yang tidak tau apa saja sih keberagaman dari proses pembelajaran online? Dahulu pembelajaran online sangat banyak dikritik oleh setiap orang karena dianggap kurang efektif dalam pembelajaran. Sebenarnya sangat banyak manfaat yang kita dapatkan dari belajar online ini, terutama tentang teknologi yang semakin hari tentunya semakin berkembang.
Banyak ragam yang dapat kita ketahui dari proses pembelajaran online yaitu :
- Pembelajaran sinkron
Pembelajaran sinkron ini merupakan sistem yang sudah lama diterapkan, dalam hal ini proses dari pembelajaran antara seorang pendidik dan peserta didik yang hadir untuk melakukan proses pembelajaran. Apabila secara tatap muka, metode ini digunakan dengan cara seorang pendidik dan juga peserta didik bertemu secara langsung di kelas. Sedangkan pada pembelajaran online sekarang ini dilakukan proses pembelajaran melalui zoom meeting, gmeet dan sebagainya.
Pembelajaran sinkron online ini dilakukan melalui media online yang menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dengan waktu yang telah disepakati bersama.
- Pembelajaran asinkron
Pembelajaran ini menggunakan sistem yang tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk bertemu dan melakukan proses pembelajaran dengan waktu yang disepakati. Pembelajaran ini dilakukan dengan cara seorang pendidik mengirimkan materi-materi yang ada dan peserta didik diminta untuk memahami materi tersebut dan juga mengelolanya dengan waktu yang lebih tidak berpaku.
- Blended Learning
Blended learning atau bisa disebut dengan pembelajaran campuran, dimana hal ini merupakan penggabungan antara proses pembelajaran sinkron dengan asinkron. Dengan adanya pembelajaran campuran atau blended learning ini maka seorang pendidik dan juga peserta didik dapat membuat keseimbangan antara dua metode yang ada, sesuai dengan kebutuhan yang terdapat didalam kelas. Peserta didik dan juga pendidik memiliki kesepatan untuk memilih antara proses pembelajaran asinkron yang dimana peserta didik dapat lebih banyak waktu dalam memahami materi pembelajaran atau proses pembelajaran sinkron dimana seorang pendidik dan juga peserta didik juga dapat membahas materi tersebut secara bersama dan lebih mendalam.