Hai teman-teman FKIP UMSU (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), UMSU kampus terbaik di Medan, kampus unggul dan kampus terakreditasi A!!! Teman-teman FKIP UMSU pasti penasaran kan? Apasih itu metode pembelajaran STEAM? Dan apakah metode pembelajaran STEAM efektif pada saat masa pandemi sekarang ini?
Mimin akan menjelaskan apa itu STEAM, STEAM merupakan singkatan dari Sains (Science), Teknologi (technology), Teknik (engineering), Seni (art), Matematika (mathematic). STEAM merupakan sebuah metode pembelajaran dimana dapat mendorong seorang peserta didik agar bisa berpikir lebih luas lagi dengan masalah yang ada di dunia nyata. STEAM sendiri dapat diterapkan pada anak yang masih berusia dini, dengan hal ini STEAM dapat menyesuaikan bagaimana kondisi terhadap seorang anak, seperti kemampuan yang mereka miliki maupun usia yang dimiliki seorang anak.
Pada saat pandemi sekarang ini tentu metode pembelajaran ini sangat efektif apabila digunakan, karena seperti yang dikatakan diatas bahwa STEAM sendiri dapat merancang suatu kegiatan pmbelajaran yang dapat disesuaikan dengan dunia nyata. Pasti sahabat FKIP UMSU penasaran kan metode apasih yang dimiliki oleh STEAM ini dalam suatu pembelajaran? Yuk kita simak sama-sama.
Metode pembelajaran yang digunakan STEAM ini tentunya sangat bermacam-macam, yaitu :
- Basis teknologi
STEAM merupakan metode pembelajaran yang berbasis teknologi, dimana pada saat pandemi sekarang ini tentu seluruh pembelajaran digunakan secara teknologi. Seorang anak tentunya dapat menggunakan media teknologi agar dapat memperluan pembelajaran mereka dan tidak berpaku hanya satu sumber saja, dan dipantau oleh seorang pengajar.
- Memfokuskan diri terhadap akademik dan pembentukan sebuah karakter
Dengan metode pembelajaran STEAM ini tidak hanya berfokus pada akademik saja, tetapi juga tentunya fokus terhadap pembentukan karakter seorang anak. Seperti yang dapat kita ketahui bahwa akademik saja pun tidak cukup apabila tidak diiringi dengan pembentukan karakter bagi seorang anak.
- Kegiatan praktek
Kegiatan praktek merupakan suatu kegiatan dimana seorang anak dapat menerapkan atau mengaplikasikan suatu teori yang telah dipelajari, kegiatan praktek dapat membuat suatu pembelajaran menjadi lebih berwarna dan tentunya tidak monoton. Dengan hal ini juga maka interaksi yang dimiliki seorang pengajar dan peserta didik menjadi lebih baik lagi.