Berdasarkan hasil data yang dihimpun dan dianalisis, kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:
(1) Terdapat pengaruh keterampilan sosial mahasiswa yang diajarkan dengan metode think-pair-share lebih tinggi daripada mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan uji independent sample test bahwa nilai signifikansi 0,013 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak atau dengan kata lain Ha diterima.
(2) Tidak terdapat pengaruh keterampilan sosial mahasiswa yang diajarkan kemampuan pemecahan masalah berpola daripada mahasiswa yang diajarkan kemampuan pemecahan masalah aplikasi. Hal ini dibuktikan dengan uji two-way anava menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,725 > 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha ditolak atau dengan kata lain H0 diterima.
(3) Terdapat pengaruh Terdapat pengaruh metode think-pair-share dan problem solvingskill terhadap keterampilan sosial mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan uji anakova menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,14 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak atau dengan kata lain Ha diterima.
Sumber : Baihaqisiddik