Halo sobat FKIP UMSU (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), UMSU kampus terbaik di Medan, kampus unggul dan tentunya terakreditasi A!! Teman-teman sobat FKIP UMSU pada masa pandemi sekarang ini kita tentunya belajar secara daring. Dimana belajar secara online melalui media teknologi pada saat ini. Belajar daring merupakan pembelajaran yang sangat efektif pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.
Dengan belajar daring tentunya mahasiswa dan dosen juga dituntut untuk lebih lihai dalam penggunaan teknologi dimasa sekarang ini. Belajar daring merupakan belajar yang menggunakan jaringan internet. Belajar daring yang sekarang ini kita ketahui menggunakan pembelajaran via zoom meeting, gmeet, google classroom, elearning dan sebagainya yang pembelajarannya bisa digunakan secara jarak jauh dan juga tentunya menggunakan jaringan internet.
Selain itu, belajar daring juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada. Pertama mimin akan membahas tentang kelebihan dari pembelajaran daring yaitu :
- Melatih kemandirian
Dengan belajar daring disini mahasiswa tidak bertemu tentunya dengan dosen mereka, dalam hal ini mahasiswa dituntut agar lebih mandiri belajar tanpa adanya pengawasan dari seorang dosen. Disini mahasiswa belajar dalam melakukan sebuah riset secara mandiri yang dilakukan melalui media internet atau sumber lain.
- Terlatih menggunakan teknologi informasi
Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi terus berkembang. Dengan pembelajaran ini mahasiswa dapat lebih menguasai dan juga mengenal aplikasi yang terdapat dalam pembelajaran daring tentunya.
- Menambah wawasan
Pembelajaran daring dapat menambah wawasan seorang mahasiswa. Mengapa demikian? Karena dengan pembelajaran daring mahasiswa dapat mencari segala sesuatunya tentang pelajaran melalui media internet dan juga sumber lainnya yang bisa kita ketahui bahwa hal ini sangat banyak refrensi yang ada di internet.
- Waktu dan tempat yang fleksibel
Mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran dimana saja dan kapan saja, dengan yang paling penting adalah terhubung dengan koneksi internet. Sehingga mereka bisa mengikuti pembelajaran daring sesuai waktu yang disepakati oleh dosen.
- Biaya relatif lebih murah dan tentunya dapat diakses dengan mudah
Pembelajaran daring tentunya menjadi lebih murah dari pembelajaran tatap muka bagi mahasiswa yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari kampus. Karena dengan pembelajaran daring mereka hanya harus memikirkan kuota internet saja, tidak memikirkan kos-kosan, uang makan dan sebagainya. Akses pembelajaran daring dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan Hp, laptop ataupun komputer saja.
Tentunya dibalik kelebihan pastinya akan ada kekurangan yang dimiliki dalam pembelajaran daring, yaitu :
- Kurangnya interaksi antara mahasiswa dan dosen
Pembelajaran daring membuat mahasiswa dan dosen tidak pernah bertemu, hal ini membuat kurangnya interaksi terhadap mahasiswa dan dosen. Terlebih lagi pengawasan dari seorang dosen yang berkurang, dikarenakan pembelajaran yang tidak bertemu karena jarak.
- Fokus mahasiswa terganggu
Dengan pembelajaran daring mahasiswa kebanyakan mengalami fokus yang terganggu, biasanya seperti keadaan rumah yang berisik, mahasiswa yang chatingan dengan mahasiswa yang lainnya ketika dosen sedang menjelaskan karena tidak diawasi secara langsung dan sebagainya.
- Jaringan yang tidak stabil
Belajar daring tentunya berkaitan dengan jaringan, dimana dengan jaringan yang tidak stabil akan membuat mahasiswa ataupun dosen mengikuti proses pembelajaran daring. Bagi mahasiswa ataupun dosen yang rumahnya tidak memiliki infrastruktur jaringan sering sekali mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring ini.
- Kurangnya pemahaman terhadap materi
Pembelajaran daring membuat mahasiswa kurang mengerti terhadap materi yang disampaikan. Dengan belajar daring, maka mahasiswa tidak dapat bertanya kepada dosen tentang materi yang tidak dapat mereka kuasai secara langsung. Mungkin mahasiswa bisa bertanya, tetapi sangat sulit untuk memahami materi apabila tidak dijelaskan secara langsung. Begitupun seorang dosen yang kesulitan mengetahui apakah mahasiswanya paham atau tidak.
- Dosen kesulitan memberikan nilai
Ketika belajar daring, dosen sangat sulit dalam menilai perilaku, sikap, kedisiplinan seorang mahasiswa dikarenakan tidak dapat bertemu secara langsung dan melihat secara langsung bagaimana seorang mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ada.
Berikut yang dapat mimin sampaikan perihal kelebihan dan kekurangan dalam melakukan pembelajaran daring.