Hai teman-teman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FKIP UMSU). UMSU kampus terbaik di Medan, kampus unggul dan terakreditasi A! Seputar hybrid learning lagi. Bagaimana teman-teman FKIP UMSU? Apakah kalian sudah tau sekarang apa itu hybrid learning? Tentunya pasti tau dong kan, karena mimin sudah membahas tentang hybrid learning ini sebelumnya.
Teman-teman FKIP UMSU ketika sudah mengetahui apa itu hybrid learning dan juga manfaat dari hybrid learning, pasti teman-teman juga mau tau kan apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari hybrid learning? Disini tentunya mimin akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran hybrid learning. Yuk sama-sama kita pelajari.
Kelebihan dari menggunakan pembelajaran hybrid learning yaitu :
- Kesempatan dalam bersosialisasi
Metode pembelajaran ini dapat membuka kesempatan bagi peserta didik dalam bersosialisasi, karena ada pembelajaran tatap muka secara langsung walaupun hanya beberapa hari saja. Dengan bertemu langsung, dapat membuka kesempatan kita dalam berinteraksi dengan guru, dosen maupun teman-teman peserta didik.
- Dapat memahami materi lebih baik
Dengan sistem pembelajaran ini, dapat membuka kesempatan dalam memahami pembelajaran. Memang dengan pembelajaran daring juga dapat membuat kita memahami pembelajaran, tetapi dengan tatap muka lebih efektif. Dan apabila tidak mengerti dalam suatu pembelajaran peserta didik tentunya lebih mudah dalam bertanya secara langsung.
- Memulihkan kesehatan fisik dan mental
Metode ini dapat membantu kita dalam memulihkan kesehatan fisik dan mental akibat terus-menerus berdiam diri dirumah dan mengikuti pembelajaran. Dengan bertemu teman sekelas dan juga pengajar maka hal ini bagus dalam kesehatan mental agar tidak mudah stress dan juga tertekan.
Kelemahan dari menggunakan pembelajaran hybrid learning yaitu :
- Peran orang tua dituntut untuk lebih memperhatikan anaknya
Dalam pembelajaran ini, meskipun ada kuliah offline tentunya tetap diadakan kuliah online. Maka orang tua dituntut untuk lebih memperhatikan anaknya agar anaknya tetap fokus dalam pembelajaran secara daring, terutama untuk anak sekolah dasar.
- Kesulitan dalam mengatur jadwal belajar
pembelajaran ini sering berubah sesuai dengan shift dalam masuk sekolah maupun kampus. Hal ini dapat membuat kita kesulitan dalam mengatur suatu pembelajaran dan juga jadwal yang ada, maka perlu disiplin dan fokus yang tinggi agar dapat mengatur jadwal pembelajaran yang lebih baik.
- Tetap bergantung pada jaringan dan internet
ketika belajar dirumah, sangat diperlukan jaringan dan internet, maka dari itu pembelajaran ini terkadang kurang efektif karena tidak semua peserta didik memiliki jaringan yang lancar dan juga bagus.