UMSU Silaturahmi dengan 112 Kepsek Cabdis Sunggal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan silaturahami dengan kepala sekolah SMA/SMK se Cabang Dinas Sunggal di Pancur Gading Hotel, Jalan Kwala Simeme, Deli Tua, Kamis (4/2). Silaturahmi diikuti 112 kepala SMA/SMK negeri dan swasta.

Tampak hadir, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal, Muhammad Basir Hasibuan, MPd. Dari UMSU, Rektor diwakili Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin Gultom, SH, MHum.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal, Muhammad Basir Hasibuan, MPd mengatakan, kepala sekolah harus memotivasi anak didiknya untuk bisa melanjut ke perguruan tinggi. Jika pun tidak, minimal harus bekerja dan tidak menjadi penganggguran. “Kalau untuk SMA orientasinya itu anak didiknya harus melanjutnya pendidikan, tetapi kalau SMK orientasinya bekerja, tetapi bisa saja melanjutkan pendidikan,” katanya.

Kepala sekolah, lanjutnya harus lebih kreatif, inovatif, komunikatif dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi karena di era sekarang, informasi untuk melanjut ke perguruan tinggi memiliki banyak peluang dan kesempatan. Apalagi informasi tentang perguruan tinggi mudah didapatkan. Makanya, kepala sekolah diminta untuk menyebarkan informasi tentang perguruan tinggi kepada siswa.
“Banyak memang siswa bingung soal biaya. Tetapi itu tidak usah dipikirkan karena memang banyak perguruan tinggi itu menawarkan beasiswa. Salah satunya UMSU, sebagai perguruan tinggi banyak dalam merekrut mahasiswa baru ada jalur prestasi dan undangan serta jalur beasiswa. Ini bisa disampaikan kepada anak-anak,” pintanya.

Muhammad Basir juga meminta kepala sekolah untuk meningkatkan pendidikan, tidak hanya sarjana tetapi bisa melanjut ke program magister. Sebagai Kepala Cabang Dinas Sunggal, dia menegaskan siap memberi kemudahan rekomendasi. Untuk perguruan tinggi UMSU bisa pilihan untuk melanjut karena akreditasi institusinya sudah A, ada ada 15 program studi yang terakreditasi A.

MOTIVASI SISWA
Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin Gultom, MHum menyampaikan materi dengan tema “Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa Pandemi”. Dia meminta agar kompetensi kepala sekolah di antaranya kompetensi sosial perlu terus ditingkatkan yakni kepala sekolah harus bisa menjalin kerja sama dengana masyarakat sekitar, atau pihak luar. Seperti dengan perguruan tinggi.

Melalui kerja sama ini, banyak yang bisa dilakukan seperti mengundang pihak perguruan tinggi ke sekolah untuk memotivasi anak-anak agar tetap semangat melanjutkan ke perguruan tinggi, melakukan kerja sama peningkatan kompetensi guru. Kepala sekolah juga harus menganut system EMASLIM di mana harus bsia menjadi educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, UMSU menyampaikan sosialisasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UMSU yang sudah dibuka sejak tanggal 16 Nopember 2020-16 September 2021 oleh Tim UPT Promosi dan Penmaru. Acara berlangsung penuh kekeluargaan dan diakhiri dengan doorprize.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *