Mengabdi di Tengah Pandemi

Medan-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU mengadakan kegiatan pembelakalan guru dalam mempersiapkan pembelajaran online di masa pandemi Covid-29, 24 Juni 2020 melalui zoom. Acara diikuti Guru SD Muhammadiyah se-Kota Medan.

Dekan FKIP UMSU, Dr Elfrianto, MPd mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah untuk tahun ajaran baru melalui SKB (Surat Keputusan Bersama) dengan beberapa kementerian terkait. Salah satu putusannya adalah kegiatan pembelajaran untuk tahun ajaran baru 2020-2021 dilaksanakan secara daring.

“Menyikapi keputusan ini, UMSU sebagai LPTK yang sangat konsen di bidang pendidikan turut hadir ke tengah masyarakat untuk melakukan sosialisasi, pelatihan, pendampingan guna memastikan kualitas pembelajaran yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru tersebut tidak berkurang sedikitpun, malah diharapkan dapat meningkat meskipun di masa pandemi Covid-19,” kata Elfrianto saat pembukaan.  

Narasumber, Eko Febri Syahputra Siregar, S.Pd, M.Pd mengatakan, peserta dapat memahami dan menerapkan pembelajaran aktif berorientasi MIKIR ini selama pembelajaran daring yang akan dilakukan pada bulan Juli mendatang.

Konsep MIKIR merupakan jargon yang dikenalkan oleh Tanoto Foundation melalui Program PINTAR yang bekerja sama di Sumatera Utara dengan  Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan UIN Sumatera Utara sebagai LPTK Mitra. Pelaksana kegiatan PKPM merupakan bagian dari fasdos Tanoto Foundation yang merupakan dosen UMSU.

Kegiatan pelatihan secara virtual menggunakan zoom meeting ini bertujuan penyamaan persepsi dan konsep tentang MIKIR tersebut. Setelah peserta memahami beberapa kegiatan MIKIR. Selanjutnya peserta akan didampingi untuk menyusun scenario pembelajaran daring yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan pembelajaran pada Juli mendatang. Acara dimoderatori Ismail Saleh Nst, S.Pd., M.Pd. (m.arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *