Medan-Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan” di SD Muhammadiyah 29, Sei Mencirim, Senin (22/6).

Narasumber, Baihaqi Siddik Lubis, S.Pd.I, M.Pd., sebagai ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)., dan Eko Febri Syahputra Siregar, S.Pd., M.Pd., sebagai anggota. Acara ini diikuti guru-guru sekolah dasar Muhammadiyah yaitu SD Muhammadiyah 29 dan SD Muhammadiyah 38. Setiap sekolah diwakili 6 guru dari setiap kelas serta melibatkan 2 mahasiswa.

Baihaqi Siddik mengatakan pelatihan bertujuan mengembangkan kompetensi guru dalam mengajar di dalam kelas dengan menggunakan media interaktif berbasis macromedia flashMacromedia flash merupakan aplikasi profesional dalam mendesain animasi 2D. Penggunaan animasi 2D di dalam pengajaran merupakan salah satu ciri dari pembelajaran pada era Revolusi Industri 4.0, di Indonesia di mana teknologi dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

Oleh sebab itu, penting kiranya kegiatan ini dilakukan agar guru tidak ketinggalan dalam perkembangan informasi dan teknologi yang terus berkembang dan tidak terbatas terkhusus dalam dunia pendidikan.

Eko menambahkan, tujuan kegiatan ini membekali guru dalam mempersiakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa melalui media pembelajaran berbasis macroflash.

DUKUNG PENUH

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 29, Drs. Sriadi, mendukung penuh kegiatan ini dan berharap kegiatan yang sama terus dilakukan mengingat semakin berkembanganya inovasi dalam pendidikan sehingga para guru di lingkungan Muhammadiyah dapat mampu beradaptasi dengan cepat dan tidak mengalami ketertinggalan.

Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasamen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sunggal, Lukmanul Hakim, S.Kom  membuka kegiatan PKM ini dan  menyampaikan guru-guru harus terus mengembangkan potensinya agar mampu memberikan pembelajaran yang berarti dan menyenangkan bagi siswa-siswanya. (m.arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *