table-mannerSetiap negara, daerah atau keluarga memiliki aturan sendiri tentang tata cara di meja makan. Table Manner atau dikenal dengan istilah etiket makan, merupakan aturan maupun tata krama yang dibuat oleh orang untuk mengatur pergaulan dalam masyarakat, khususnya dalam aturan makan.

Bahkan, aturan tersebut juga sangat penting untuk diketahui karena dengan semakin berkembangnya zaman dan bertambah luasnya pergaulan setiap orang perlu mengetahui hal tersebut.

“Pengetahuan Table Manner bagi mahasiswa juga sangat penting. Selain untuk menambah pengetahuan dan pengalaman, hal ini juga merupakan proses pengembangan diri mahasiswa yang diintegrasikan dalam Mata Kuliah English Tourism,” kata Dosen FKIP UMSU Jurusan Bahasa Inggris, Khairil SPd¬† M Hum, kepada Analisa dalam kegiatan Table Manner Mahasiswa di Hotel Santika Dyandra Medan, kemarin.

Kegiatan Table Manner yang diikuti sekitar 84 mahasiswa semester II dan IV itu, berkesempatan mengikuti praktek langsung di bawah instruktur ahli dan berpengalaman dengan menu-menu yang disesuaikan tata cara Internasional.

Tata Cara Bersikap

Menurut Khairil, belajar tentang Table Manner tak hanya mengetahui tata cara makan yang baik dan benar, melainkan juga diajarkan tata cara bersikap dan menjawab undangan jamuan makan, hingga tata cara berjalan dan duduk dalam jamuan makan.

“Table Manner juga mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan yang digunakan. Mengetahui tata cara makan yang tepat juga berpengaruh dalam kesuksesan hidup seseorang, sebab banyak hal yang bisa dikomunikasikan dalam jamuan makan,” ujar Khairil yang didampingi dosen pendamping, yakni Ambar Wulan Sari SPd MPd, Hj Dewi Kesuma Nasution SS M Hum, dan Dra Diani Syafitri M Hum.

Lebih lanjut, diungkapkan Dosen Pendamping, Dewi, kegiatan Table Manner juga untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tata cara bersikap dan berperilaku di meja makan. “Kami menempah mahasiswa tak hanya secara teori mata kuliah saja, melainkan juga mempraktekkannya. Kami juga menginginkan mahasiswa nantinya menjadi guru yang baik dalam berucap, bersikap dan berperilaku sopan dalam masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UMSU, Elfrianto SPd MPd menambahkan, pihaknya sangat positif dan mendukung dengan adanya program Table Manner yang diikuti para mahasiswa.

“Kami menyambut baik program Table Manner tersebut, agar para mahasiswa dapat mengetahui praktek dan pengalaman tata cara makan yang baik secara langsung. Kami juga berharap, mahasiswa yang telah mengikuti program tersebut, nantinya dapat dipraktekan dengan baik dalam jamuan makan,” tambahnya. (sumber;Harian Analisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *