rusunawaDirektur Pembelajaran Ditjen Bel­mawa Kementeristek Dikti RI Dr Paris­tiyanti Nurwandi, MP mengunjungi  UMSU. Memberikan kuliah umum dan melihat rusunawa UMSU dalam rangka persiapan untuk pengembangan Pendidikan Profesi Guru (PPG) berasrama.

Kuliah umum bertema ” Peluang & Tantangan LPTK” dihadiri civitas akademika UMSU termasuk Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin Gulton mewakili Rektor UMSU Dr Agussani, MAP yang membuka acara ku­liah umum dan Marah Doly Na­su­tion Pembantu Dekan III FKIP UMSU sebagai moderator.

Dia mengatakan, Indonesia dipre­dik­si berada di urutan ke-6 di Asia yang dapat mengalahkan Jerman dan ne­gara Eropa lainnya dalam hal eko­nomi dan pendidikan. Apakah kita mam­pu mencapainya? Jawabannya sa­ngat bisa asalkan kita mampu mem­ba­ngun pendidikan dan gurunya. Finlan­dia salah satu negara di Eropa yang telah membuktikan hal itu, dan Finlan­dia menjadi negara yang dengan kualitas pendidikan yang mumpuni di dunia.

Dr Paristiyanti yakin kepada UMSU untuk mempelopori penye­leng­­gara profesi guru dengan baik dengan melakukan revitalisasi LPTK. Melakukan revitalisasi bagi UMSU, lanjutnya, tidak sulit karena UMSU telah menerapkan kurikulum KKNI. Dia berharap UMSU ke depan dapat mengawal dengan secara institusi dengan kekuatan dosen, tenaga kepen­didikan, program studi, mahasiswa, insfrastruktur dan 24 Standar Nasional Pendidikan yang dipenuhi sesuai dengan SN Dikti yang baru No 44 ta­hun 2015. Dengan demikian semua itu tidak terasa sulit karena sudah me­me­nuhi seluruh ketentuan untuk men­jadi penyelenggara sertifikasi jabatan guru.

Rektor UMSU Dr Agussani melalui Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gul­tom mengatakan UMSU telah ko­mit untuk mengha­silkan lulusan guru yang siap bersaing. Dengan kuliah umum ini UMSU akan menyusun re­gulasi yang sesuai dengan kebutuhan stan­dar penyelenggara profesi guru berbasis KKNI, SN Dikti No 44 tahun 2015 serta menyahuti tuntutan global da­lam rangka persaingan dunia pen­didikan dalam komunitas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dekan FKIP UMSU, El­frianto mengatakan kehadiran Direktur Pem­belajaran Ditjen Belmawa Ke­men­teristek Dikti RI Dr Paristiyanti Nur­wandi, MP ke UMSU semakin me­man­tapkan UMSU sebagai Lembaga Pen­didi­kan Tenaga Kependidikan (LP­TK) yang siap bersaing sehingga lulu­san profesi guru unggul diban­dingkan LPTK lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *