mahasiswa-fkip-umsuKreativitas mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus dibangun. Salah satunya menghasilkan karya ilmiah berupa buku. Dibawah asuhan dosen pengampuh mata kuliah Creative Writing, Fatimah Sari Siregar, MHum Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Fa­kultas Keguruan dan Ilmu Pendi­dikan (FKIP) UMSU menerbitkan tiga bu­ku sekaligus.

Fa­timah Sari yang juga Ke­tua Unit Pe­ngem­bangan Kreativitas Ilmiah Maha­siswa (UPKIM) UMSU terlihat sumringah melihat hasil karya mahasiswanya. Dia mengatakan, ke­tiga buku terse­but diterbitkan UMSU Press dan merupakan hasil karya ma­hasiswa Semester III Program Studi Ba­hasa Inggris. Buku tersebut merupa­kan ce­rita pendek (Cerpen) anak-anak dan remaja dengan dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris.

Alasan terbitnya buku antologi cer­pen anak-anak ini ada­lah anak-anak suka mengguna­kan handphone atau gadget dibandingkan membaca bu­ku. Padahal dengan mem­baca buku, banyak ilmu yang bisa dida­patkan. Dan juga untuk mensupport program peme­rintah yakni Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Itulah sebabnya melalui mata ku­liah Creative Writing, mahasiswa se­ba­gai agent of change dapat membe­rikan sesuatu kepada anak-anak Indonesia melalui buku antologi cerpen anak-anak karena pada hakekatnya dengan membaca buku yang memiliki nilai-nilai moral dan sesuai dengan umur anak-anak dapat juga mem­bangun karakter anak menjadi lebih ba­ik,” katanya.

Salah satu penulis buku, Evasari me­ngatakan, awal­nya diberi tugas mem­baut bu­ku dan sempat tidak yakin bisa selesai. Banyak sekali rin­tangan terutama ketidak­pedulian sejumlah teman-te­man. Tetapi, setelah memba­ca buku dan sudah selesai di­ce­tak rasa capek dan kesal tersebut terobati karena me­mang motivasi dosen sangat tinggi kepada mahasiswa. “Se­nang sekali, baru ini bisa melihat karya sendiri dibu­kukan,” katanya.

Penulis lain, Adrian Tama berharap buku-buku yang di­terbitkan bersama rekan-re­kan sekelas dapat mengins­pirasi mahasiswa dan dosen untuk terus berkarya. “Kami berharap buku ini menjadi awal untuk bangkitnya buku-buku lain di FKIP UMSU,” katanya.

Adapun buku yang diter­bitkan itu yakni “Petualang ke Pulau Hudson”, “Gelang yang Luar Biasa”, dan “Kelinci Kesayanganku” dengan ilustrator Nur Akmal, SPd yang juga alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *