Untuk meningkatkan mutu layanan umum rumah sakit, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelontorkan 11 paket bantuan peralatan dokumen kepada RSU Haji Medan, Senin (14/12).

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP menyerahkan paket bantuan kepada Direktur RSU Haji Medan Dr Diah Retno Wilakskusuma Ningtyas di sela apel staf di halaman rumah sakit tersebut sehingga acara itu disaksikan wakil direktur yang juga ketua tim akreditasi dan karyawan. Sedangkan rektor didampingi Dekan Fakultas Kedokteran UMSU Dr Ade Taufik, SPOG, Wakil Dekan III Dr Delyuzar dan para dosen.

Setelah menerima bantuan tersebut, Direktur RSU Haji Medan Dr Diah Retno Wilakskusuma Ningtyas dengan rasa gembira dan terharu mengatakan “kami sangat bersyukur menerima bantuan ini dari pak rektor.” Memang RSU Haji, menurut Dr Diah, sangat membutuhkannya dalam rangka menyongsong persiapan akreditasi rumah sakit tahun 2016. “Memang kita langsung memohon kepada UMSU dan Pak rektor langsung menyetujuinya,” ujar Dr Diah seusai meneken dokumen penerimaan bantuan itu.

Sementara Rektor UMSU Dr Agussani, MAP menyampaikan bantuan yang diberikan kepada RSU Haji adalah komitmen UMSU dalam rangka meningkatkan pelayanan rumah sakit terutama untuk menghadapi Akreditasi Rumah Sakit dan Akreditasi Rumah Sakit Pendidikan versi 2012 menuju rumah sakit berstatus Badan Layanan Umum. UMSU, menurut Rektor Dr Agussani, memiliki Fakultas Kedokteran yang telah menyandang predikat B merasa memiliki tanggung jawab terhadap peningkatan mutu RSU Haji ini, apalagi saat ini mahasiswa kedokteran UMSU melakukan praktek dokter muda/koas (co-asistens) di rumah sakit ini yang telah berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, menurut Rektor Dr Agussani, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung pemberian bantuan sebagai penunjang akreditasi rumah sakit. ‘’Saya sudah sampaikan sebelumnya dan PP Muhammadiyah sangat mendukungnya,” kata rektor disambut tepuk tangan direktur, wakil direktur dan para karyawan yang menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

Selanjutnya Rektor Dr Agussani menegaskan UMSU siap mendampingi RSU Haji, termasuk membantu dari sisi tenaga sumber daya manusia untuk menyukseskan proses akreditasi sehingga dapat meningkatkan mutu layanan umum. Kepekaan dan komitmen UMSU kepada rumah sakit, lanjutnya, telah disampaikan kepada Plt Gubsu dan mendapat apresiasi.

Rektor Dr Agussani mengatakanbantuan UMSU ini wujud saling bahu-membahu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan umum rumah sakit yang diharapkan berdampak positif bagi masyarakat. Rektor berpesan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemaslahatan rumah sakit. Bantuan yang diberikan UMSU antara lain berupa mesin foto kopi, komputer, laptop, LCD proyektor, lemari dokumen, kursi lipat serta lemari.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *